Tags

,

Kejadiannya terjadi saat Ipang dan Iping masih SMP. Guru Bahasa Indonesia mereka saat itu menerangkan mengenai kalimat pasif dan penggunaannya. Setelah selesai menerangkan, sang guru pun bertanya pada Iping.

Guru : Iping, misalnya kamu ngasih tahu kepada Ipang yang tidak masuk sekolah bahwa ada tugas. Bagaimana kalimatnya?

Iping : Eeeh….. Ipang dikasih tahu Iping kalau ada tugas hari ini?

Guru : Kasih tahu itu kurang tepat, bisa pakai kata lain?

Iping : Eeeh… Ipang diberitahu Iping kalau ada tugas hari ini?

Guru : Masih kurang tepat. Gimana kalau menggunakan kata berita?

Iping : Eh? Ipang di…. di….. di….

Guru : Ya?

Iping : Eeeh….. Ipang diberitai…… Iping kalau ada tugas hari ini?

Guru : Iya, benar!

Ipang : Bu! Masa saya diberi tai!

Iping : Tapi kan emang harus pake imbuhan -i…..

Guru : Iya, benar itu. Kalau aktifnya juga kan Iping memberitai Ipang kalau ada tugas hari ini.

Ipang : Ngga ada kata yang lebih baik, bu?….

Guru : Ada, sih. Tapi ibu suka aja.

Iping & Ipang : …….

z/777.

Tolong jangan beritai Niah~
Bahwa kini tiada lagi cinta~

Advertisements